Ragam Informasi Virus Corona Bisa Bikin Anda Cemas Berlebihan

Kamis, 02 April 2020 - 19:30 WIB
Ragam Informasi Virus Corona Bisa Bikin Anda Cemas Berlebihan
Ragam Informasi Virus Corona Bisa Bikin Anda Cemas Berlebihan
A A A
JAKARTA - Banyak informasi yang berkembang seputar virus corona atau COVID-19 dan beragam informasi itu dapat dengan mudah menyebabkan kecemasan kesehatan.

Jane Ogden, Profesor Psikologi Kesehatan di University of Surrey telah menemukan bahwa terpapar begitu banyak informasi tentang COVID-19 dapat membuat seseorang berpikir memiliki gejala, padahal sebenarnya tidak.

"Sama seperti gejala serius COVID-19, jelas tidak dapat disangkal, yang dialami pada hari-hari awal setelah terpapar virus, semua terlalu akrab dan terbuka untuk semua persepsi gejala yang mempengaruhi kehidupan kita sehari-hari sebelum pandemi baru-baru ini," kata Ogden seperti dilansir Daily Star.

"Dan proses persepsi gejala ini tidak selalu terbantu oleh pemberitaan terus-menerus oleh media dan malam dapat menyebabkan kecemasan kesehatan dan kewaspadaan berlebihan yang pada gilirannya membuat gejala lebih buruk," lanjutnya.

Setiap tahun, Ogden melakukan penelitian dengan murid-muridnya untuk menggambarkan bagaimana gejala persepsi bukan sensasi. Dalam percobaan, mereka duduk dengan punggung menghadap kursi dan mengangkat kaki secara horizontal selama satu menit sambil melakukan berbagai hal yang berbeda, atau tidak sama sekali, dan mereka menemukan hal yang sama setiap tahun.

"Nyeri secara signifikan lebih besar ketika mereka fokus pada kaki mereka daripada ketika mereka terganggu," jelasnya.

Menurut Ogden, gejala dimodifikasi oleh suasana hati seperti kecemasan membuat mereka lebih buruk dan kognisi terganggu membuat mereka lebih baik. Sementara saat ini, COVID-19 yang menyerang dunia menyebabkan kekhawatiran sehingga bisa membuat banyak orang memeriksa tenggorokan mereka yang gatal dan memeriksa dahi setiap tanda demam.

“Semua itu juga akan membuat gejala-gejala ini terasa lebih buruk. Tetapi gejalanya juga menular lebih dari sekadar melalui virus," tandasnya.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.5057 seconds (0.1#10.140)